Let’s travel together.

kenapa antibiotik harus dihabiskan?

1

ketika anda sedang sakit dan diberikan obat antibioktik oleh dokter dan dibilang “harus dihabiskan” padahal anda sudah sembuh ketika meminumnya beberapa hari dan obat antibiotik harus dihabiskan mengapa?

sedikit penjelasan!! Antibiotik berfungsi untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Cara kerja antibiotik adalah dengan membunuh atau menghambat proses pertumbuhan organisme kecil yang berbahaya dalam tubuh, seperti parasit, jamur, dan bakteri.

Penyakit-penyakit yang disebabkan oleh bakteri seperti tuberkulosis (TBC), sipilis, sinusitis, dan radang tenggorokan biasanya bisa dilawan dengan antibiotik.

Penggunaan antibiotik yang tepat akan efektif menghentikan infeksi dan mempercepat penyembuhan. ketika anda diberi obat antibiotik oleh dokter anda harus mendengar dengan tepat sampai kapan anda harus dihabiskan biasanya dokter telah menakari obat antibiotik sampai habis semua diminum. Tergantung pada gejala dan tanda-tanda yang muncul, antibiotik biasanya diresepkan untuk penggunaan 5-14 hari.

Related Posts

Jika Anda berhenti minum antibiotik sebelum waktu yang ditetapkan oleh dokter, Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengungapkan bahwa Anda berisiko mengalami resistensi antibiotik.

apa itu resistensi? Resistensi antibiotik adalah kondisi saat bakteri yang menyerang tubuh Anda menjadi kebal terhadap antibiotik. Orang-orang yang mengalami resistensi antibiotik akan sulit disembuhkan dari infeksi bakteri yang menyerangnya. Hal ini berisiko menyebabkan kematian. Data yang dilaporkan oleh Republika mencatat bahwa di seluruh dunia, diperkirakan ada 700 ribu kematian yang disebabkan oleh resistensi bakteri.

Hal ini bisa terjadi karena meskipun gejala penyakit yang Anda alami sudah berkurang atau hilang, mungkin saja bakteri yang bersarang dalam tubuh belum mati seluruhnya. Bakteri yang masih tersisa dalam tubuh dan akan mengalami mutasi.

Mutasi ini akan mengakibatkan bakteri tersebut kebal terhadap antibiotik tertentu (bisa obat antibiotik yang Anda konsumsi terakhir kali, atau antibiotik yang sejenis). Maka ketika Anda diserang infeksi bakteri lagi di kemudian hari, obat antibiotik yang diresepkan dokter mungkin tak akan mempan lagi untuk mengobati penyakit Anda.  

jadi jika anda diresepkan dokter antibiotik maka anda harus abiskan sesuai resep jangan tidak dihabiskan lagi.

1 Comment
  1. […] Baca juga kenapa antibiotik harus dihabiskan […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.